Sebelum Liburan ke China, Wajib Perhatikan 5 Hal ini!

China adalah salah satu negara di Asia yang menarik dijadikan tujuan berlibur. Negeri Tirai Bambu ini sangatlah luas dan beragam, bahkan bisa membuat liburanmu berubah jadi petualangan seru menyelami macam-macam kerifan lokal, gemerlap kota, sejarah hingga keindahan alamnya.

Bila Anda sudah memutuskan untuk berlibur ke China, ada beberapa hal yang mesti Anda persiapkan. Untuk menghemat ongkos, Anda bisa menggunakan maskapai yang menawarkan tiket murah, seperti China Southern Airlines. Maskapai satu ini termasuk andal karena memilki pilihan penerbangan ke berbagai kota di China.

Namun selain memilih penerbangan dan akomodasi, sebaiknya Anda ketahui dan persiapkan juga beberapa hal di bawah ini.

Sebelum Liburan ke China, Wajib Perhatikan 5 Hal ini!

1. Belajar Bahasa Mandarin sederhana
Saat traveling ke negara lain, mungkin Anda selalu mengandalkan Bahasa Inggris karena itu yang umumnya dipahami orang lain. Akan tetapi di China, hal tersebut tidak berlaku. Jangan berharap Anda bisa dengan mudah menemukan orang yang bisa berbahasa Inggris di sini.

Karena itu sebagai antisipasi, ada baiknya Anda menghafal atau mencatat kata-kata sederhana dalam Bahasa Mandarin. Misalnya catat atau hafal kalimat untuk menanyakan arah, kata-kata untuk berterima kasih, minta maaf, serta meminta tolong tunjukan sesuatu.

Oh ya, jangan pula mengandalkan Google atau hal sejenis. Pasalnya di China layanan tersebut kerap diblokir. Sebagai gantinya, Anda hanya bisa mengakses layanan lokal yang sudah pasti menggunakan Bahasa Mandarin.

2. Hafalkan rute perjalanan menggunakan transportasi publik
Bila Anda ingin perjalanan hemat, maka pastikan untuk menghafal rute-rute perjalanan menggunakan transportasi publik, seperti bus atau kereta. Kedua moda transportasi itu adalah yang paling direkomendasikan untuk menjelajah China.

Jangan lupa untuk selalu membawa passpor Anda. Pasalnya China memberlakukan sistem real-name ticket, sehingga setiap pembelian tiket harus menggunakan identitas pembelinya. Tiket yang dibeli atas nama Anda pun tidak akan bisa digunakan oleh orang lain.

Kota-kota besar di China juga memiliki taksi. Namun tidak direkomendasikan jika Anda tidak tahu tujuan dan tidak bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Mandarin. Adapun ongkos taksi di setiap kota di China bervariasi, antara 8 yuan atau sampai yang paling mahal 20 yuan untuk 3 kilometer pertama.

Pesan kami, kalau menggunakan taksi sebaiknya Anda menyiapkan uang pas atau bulatkan saja pembayarannya, minta untuk menggunakan argo, serta minta receipt bukti pembayaran. Pada bukti pembayaran itu bisanya tercantum plat nomor taksi sehingga Anda bisa menghubungi seandainya ada yang tertinggal atau memiliki keluhan.

3. Memilih musim berkunjung
Memang Anda bisa mengunjungi China kapan pun sepanjang tahun. Akan tetapi jangan lupa bahwa Negeri Tirai Bambu ini punya 4 musim dengan suhu yang masing-masing berbeda. Masing-masing musim pun bakal membutuhkan perlengkapan berbeda. Karena itu ada baiknya Anda mempertimbangkan waktu serta musim kunjunganmu.

Kemudian perhatikan juga tanggal-tanggal libur nasional di sana dan hindarilah. Biasanya pada tanggal-tanggal tersebut turis lokal China akan memadati tempat wisata. Tentu Anda tak ingin liburanmu jadi gagal dan tak menarik hanya karena tempat yang Anda tuju sudah kepenuhan bukan?

4. Tentukan tujuan dan menetaplah
Seperti disebutkan di atas, China punya wilayah yang sangat luas dengan ragam keindahan alam dan budayanya. Anda bisa menjelajah sepuasnya sampai ke seluruh bagian Negeri Tirai Bambu ini hanya saat Anda memiliki waktu panjang, mungkin hitungan tahun.

Namun untuk liburan yang terbatas, ada baiknya fokuskan tujuan di satu tempat. Misalnya, jika ingin menikmati wisata sejarah, nuansa desa serta kuliner pedas legendaris, mampirlah ke Sichuan. Untuk menikmati suasana urban yang masih kental dengan sejarah, pilihlah Beijing. Kemudian untuk menikmati hamparan pegunungan seperti di lukisan China klasik, sawah dan sungai, maka pilihkan untuk ke Guilin.

5. Jangan lupa untuk nikmati kekayaan kuliner China
Kekayaan budaya China juga sebanding dengan kekayaan kulinernya. Mulai dari warung di pinggir jalan, kedai hingga restoran, semuanya menyajikan santapan khas selera lokal. Ada yang ekstrim, biasa saja, juga yang halal.

Contoh kuliner ekstrim yang bisa Anda temukan di China antara lain berupa makanan yang dimakan mentah, seperti tiram, ular, atau arak dari bayi tikus. Namun banyak juga kuliner biasa yang enak, seperti Kung Pao Chicken, Hotpot, Wonton Soup dan Chow Mein.

Kalau mencari kuliner halal, Anda bisa mencoba domba panggang utuh, mie tarik lanzhou, atau masakan-masakan Timur Tengah. Tentu saja Anda bisa mencoba makanan apapun, asalkan bertanya lebih dulu untuk memastikan kandungan makanan tersebut.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 order6online.com - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger